Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Monday, January 25, 2016

Inilah Kunci Sukses Menghadapi Ujian Nasional

JariBandel - Sesuai dengan judul artikel ini yaitu Kunci Sukses Ujian Nasional, pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkannya. Dahulu ujian nasional merupakan momok yang amat menakutkan bagi para pelajar di indonesia karena nasib kita setelah sekolah selama  3 tahun di tentukan hanya dalam beberapa hari saja. Tentunya hal itu menjadi beban bagi para pelajar kita, banyak diantara para pelajar yang frustasi dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

Sekarang , Ujian Nasional tidak lagi menentukan kelulusan dan itu merupakan hal yang sangat menggembirakan untuk para pelajar. Walaupun tidak menentukan, dalam menghadapi ujian nasional kita juga harus perlu mempersiapkannya secara matang dan serius. Mengapa demikian? karena hasil nilai ujian nasional yang kita jalani akan tercantum dalam ijasah kita nanti. Nilai ijasah sangat penting untuk kita karena untuk yang lulus SMA/SMK, ijasah digunakan untuk mencari pekerjaan. Selain untuk mencari pekerjaan, ijasah juga seumur hidup kita tidak akan berubah dan bisa kita lihat kapan saja. Anak dan cucu kita nanti bisa melihat ijasah kita, tentunya akan malu jika kita memiliki nilai yang tidak bagus.

Nah, untuk menghadapi ujian nasional kita perlu mempersiapkan berbagai macam hal. Hal-hal di bawah ini sangat penting karena ini merupakan kunci kita sukses dalam menghadapi ujian nasional. Berikut ini kunci sukses dalam menghadapi Ujian Nasional:

1. BELAJAR

Kunci pertama kita sukses dalam menghadapi ujian nasional adalah "BELAJAR" . Dengan belajar kita tentunya akan menguasai materi yang akan di ujikan pada ujian nasional nanti. Dalam belajar untuk menghadapi ujian nasional, kita harus mempersiapkannnya jauh-jauh hari. Karena dengan belajar dari jauh-jauh hari kita akan mempunyai waktu dan mematangkan materi yang akan di ujikan pada ujian nasional nanti.

Waktu yang kita miliki itu bisa kita gunakan untuk mengulang lagi materi yang sudah kita pelajari dari kelas 1, 2, dan 3. Selain belajar di sekolah dan dirumah, kita bisa belajar lagi di tempat les. Mengapa tempat les? karena dengan kita mengikuti les kita bisa mempunyai mentor dalam belajar selain disekolah. Tentunya dalam memilih tempat les kita harus memilih yang paling bagus. Dulu saya pernah les di tempat yang pengajarnya tidak begitu cakap dalam mengajar. Jadi, kalian harus lebih tepat dalam memilih tempat les.

2. BERDOA

Setelah belajar, kunci sukses yang kedua adalah berdoa. Pada tahap pertama kita sudah berusaha untuk menguasai materi yang akan di ujikan pada ujian nasional. Langkah selanjutnya kita berdoa kepada tuhan. Manfaat dan pentingnya doa di dalam islam karena di dalam untaian kata doa adalah menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allahlah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Rabb Yang Mahatinggi.

Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang yang takabur (sombong) karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya (QS al-Mu’min [40]: 60). Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya,” (HR Ibnu Majah).

Ayat Al Quran telah mengisyaratkan bahwa doa merupakan ibadah. Dan inilah yang dinamakan dengan Nilai Eksistensi Sebuah Doa Karenanya, Allah perintahkan manusia untuk berdoa kepada-Nya dan menyebutkan orang-orang yang tidak beribadah (berdoa) adalah orang-orang yang menyombongkan diri di hadapan Allah.

Alangkah buruknya kesombongan manusia di hadapan Allah SWT karena memalingkan diri dari meminta kepada-Nya. Padahal, kesombongan itu hanya milik Allah, perhiasan Allah, dan kebesaran Allah. Bagaimana mungkin seorang hamba yang lemah dan hina menyombongkan diri di hadapan Allah dengan tidak mau berdoa. Jadi, selain belajar kita juga harus berdoa agar usaha yang kita lakukan dapan dilancarkan oleh allah swt. Usaha tanpa Doa atau sebaliknya tidak akan berhasil.

3. MINTA RESTU ORANG TUA

Kunci sukses dalam menghadapi ujian nasional yang ketiga adalah meminta restu dari orang tua. Karena dengan kita meminta restu orang tua, kita akan mendapatkan "energi" baru dalam menghadapi ujian nasional. Restu dari orang tua merupakan restu dari tuhan juga, jadi untuk kalian yang ingin dikabulkan doanya oleh tuhan segeralah meminta restu dari orang tua kita. Jadi, selain belajar dan berdoa kepada tuhan, kalian juga harus ataupun wajib untuk meminta restu kepada orang tua kalian dan minta di doakan agar ujian nasional yang akan kita jalani nanti mendapatkan kemudahan dan hasil yang memuaskan.


Nah, itulah 3 kunci utama kita agar sukses dalam menghadapi ujian nasional. Semoga ujian yang akan kalian jalani dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca dan kalian juga bisa bagikan artike ini agar yang lain dapat merasakan manfaatnya. Terimakasih.

Penulis : Diky Rizki Pratama


Facebook Twitter Google+

2 komentar

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top